5 Kunci Sukses Menjadi Seorang
Marketing
Menjadi seorang marketing tentu
tidaklah mudah. Bagi yang kesulitan menjalankan strategi pemasaran,
kami informasikan rahasia sukses menjadi seorang marketing
Kegiatan marketing tidak hanya terpaku
pada proses bagaimana menjual produk saja, tetapi lebih kepada
bagaimana sebuah produk yang kita jual dapat dikenal dan melekat kuat
pada benak konsumen kita. Bahkan bisa dikatakan kegiatan marketing
atau pemasaran merupakan jantung dari rangkaian aktifitas bisnis. Hal
ini dikarenakan strategi pemasaran yang tepat, akan menghasilkan
angka penjualan yang cepat, dengan loyalitas konsumen yang kuat.
Dengan demikian dapat dipastikan bahwa penghasilan yang didapat
tentunya akan semakin besar dan akan terus meningkat.
Bagi Anda yang sedang menjalankan
strategi pemasaran, berikut ini kami informasikan 5 kunci sukses
menjadi seorang marketing yang dapat Anda terapkan :
Kenali perilaku konsumen Anda
Sebelum menawarkan produk atau jasa ke
konsumen, terlebih dahulu tentukan target pasar yang akan Anda bidik.
Bisa jadi Anda membidik komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun
masyarakat umum yang berasal dari kalangan menengah atas atau
kalangan menengah ke bawah. Pastikan bahwa Anda memasarkan produk
atau jasa kepada target pasar yang tepat. Karena itu kenali perilaku
konsumen yang Anda bidik, untuk mengetahui minat dan kebutuhan
mereka.
Tingkatkan product knowledge Anda
Salah satu senjata yang harus dikuasai
seorang marketing adalah product knowledge (informasi produk). Dengan
mengetahui segala informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan,
maka secara tidak langsung dapat membantu Anda untuk meyakinkan para
calon konsumen. Sampaikan informasi tentang kelebihan produk,
kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk kepada calon konsumen
Anda, agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang
Anda tawarkan.
Selalu optimis dan pantang menyerah
Kegiatan marketing memiliki tantangan
dan hambatan yang cukup besar, sehingga tidak semua orang bisa
bertahan dengan profesi tersebut. Di kejar-kejar dengan target
perusahaan, atau mengalami penolakan dari calon konsumen merupakan
salah satu tantangan kecil yang harus diterima para marketing. Karena
itu usahakan untuk selalu optimis dalam melayani konsumen, dan
pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangat yang
Anda tunjukan kepada calon pelanggan menjadi kunci utama kesuksesan
Anda sebagai seorang marketing.
Perluas jaringan bisnis Anda
Memperluas jaringan bisnis sama halnya
dengan menciptakan peluang pasar. Semakin luas jaringan yang Anda
miliki, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk
mendapatkan calon konsumen baru. Jadi, jangan pernah ragu untuk
membuka jaringan baru dan perluas pengetahuan Anda untuk mendapatkan
pelanggan baru.
Perhatikan respon pelanggan
Terkadang setiap pelanggan memberikan
respon yang berbeda terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan.
Bila pelanggan puas dengan produk atau jasa Anda, maka cantumkan
respon tersebut sebagai bukti nyata untuk memperkuat keunggulan
produk yang ditawarkan. Namun bila respon konsumen kurang memuaskan,
jadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda untuk mencapai hasil yang
lebih baik kedepannya.
Buatlah strategi pemasaran produk yang
menarik
Terakhir, buatlah kegiatan promosi
yang dapat menarik minat pelanggan. Misalnya saja dengan memberikan
potongan harga, menawarkan bonus tertentu untuk pembelian diatas
rata-rata, menambahkan undian berhadiah pada event-event khusus, atau
mengadakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai
pesertanya (seperti menjadi sponsor utama kegiatan sepeda gembira,
jalan sehat bersama, serta acara lainnya yang bertujuan membangun
loyalitas konsumen).
Setelah memahami beberapa kunci sukses
dalam pemasaran produk atau jasa, selanjutnya cobalah untuk
mempraktekannya langsung dalam menjalankan bisnis Anda. Mulailah dari
yang mudah, mulailah dari yang kecil, dan mulailah dari sekarang !!!
Salam sukses
0 komentar:
Posting Komentar