Anda memasuki Blognya Adinevva silahkan membaca dan berbagi Ilmu

Ibote.net


ibote.net

Me @nD Ibote..

Me @nD Ibote..
Adinevva

Silahkan berbagi ilmu

Rabu, 20 Oktober 2010

linux

Mengembalikan GRUB yang hilang setelah Instalasi Windows
Kali ini saya pengen berbagi pengalaman mengembalikan Grub loader yang hilang setelah instalasi/restore Windows 7 saya. Meskipun udah banyak yang nulis cara recovery grub, tapi ga ada salahnya kan ditulis lagi.
Linux yang saya gunakan adalah Ubuntu 10.04.
Langsung saja, jreng jreng..
Hal-hal yg perlu dipersiapkan sebelum memulai recovery:
• Ubuntu Live DVD/CD
• Komputer + DVDROM
• Cemilan biar ga bete.
Pertama, yang pasti kamu harus boot dari Ubuntu menggunakan Live CD.
Kemudian jalankan terminal, lalu ketikan beberapa perintah seperti di gambar berikut.
Oke. Selesai. Itu saja.
Restart komputer kamu dan lihat apa yang terjadi.. jeng jeng..
NOTE : Pada baris kedua yaitu mount /dev/sda6 /mnt … Bagian /dev/sda6 Harus disesuaikan dengan partisi saat kamu menginstal Ubuntu dulu. Kalo tidak hapal kamu bisa menggunakan GParted untuk mengetahuinya. Lihat gambar berikut.

Berdasarkan gambar di atas, partisi yang saya gunakan untuk Ubuntu adalah /dev/sda6 . NOTE: saya hanya menggunakan satu partisi untuk Ubuntu.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Street Art Copyright by ADINEVVA Blog.. | Template by ADINEVVA | Blog Trick at adinevva