Anda memasuki Blognya Adinevva silahkan membaca dan berbagi Ilmu
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Ibote.net


ibote.net

Me @nD Ibote..

Me @nD Ibote..
Adinevva

Silahkan berbagi ilmu

Minggu, 13 Februari 2011

webmin

1. Saya rasa saya menemukan bug pada Webmin!
Pertama, coba upgrade dahulu ke versi terbaru. Banyak bug di versi lama sudah diperbaiki di versi terbaru. Kedua, periksa pada website Webmin updates , pada bagian perbaikan bug sesuai versi Webmin anda. Cara termudah menginstall update terbaru adalah menggunakan form kedua dan ketiga di Webmin Modules bagian Webmin Configuration module. Jika anda benar-benar yakin menemukan bug, masuklah ke bug tracking system page untuk melaporkannya.
2. Bagaimana mengubah password Webmin jika saya tidak bisa login?
Pada paket Webmin disertakan program changepass.pl untuk mengatasi masalah ini secara tepat. Misalnya Webmin terinstall di /usr/local/webmin-1.130, maka anda bisa mengubah password milik user admin menjadi foo dengan cara:
/usr/local/webmin-1.130/changepass.pl /etc/webmin admin foo
3. Browser saya menampilkan Dokumen tanpa data setelah saya mengaktifkan SSL
Jika anda memakai SSL maka pastikan anda menggunakan koneksi seperti https://myhost:10000/ bukannya http://myhost:10000. Tanpa awalan https, browser anda tidak akan menggunakan mode SSL, melainkan menampilkan error tersebut.
4. Bagaimana menjalankan setup.sh?
Setelah file tar Webmin diekstrak, lakukan cd ke directory webmin-1.130 dan ketik ./setup.sh. Karena user root pada kebanyakan system tidak memiliki directory ini pada path nya, maka jika hanya mengetik setup.sh tidak akan jalan.
5. Di mana mendapatkan module Perl MD5?
Modul Webmin Users dan Groups mendukung password enkripsi dengan algoritma MD5, jika system anda mendukungnya. Hal ini tergantung pada modul Perl MD5, yang bisa di-download dari:
http://www.cpan.org/modules/by-module/MD5/MD5-1.7.tar.gz
Setelah di download, ketik perintah ini untuk instalasi modul:
gunzip MD5-1.7.tar.gz
tar xvf MD5-1.7.tar
cd MD5-1.7
perl Makefile.PL
make
make install
Jika memakai Webmin 0.83 atau yang lebih baru, lebih mudah menggunakan modul Perl Modules untuk membuat dan install module MD5 dari CPAN.
6. Apakah Webmin sudah Y2K?
Ya. Webmin hanya menjalankan sedikit pemrosesan tanggal, dan bekerja dengan baik setelah tanggal 1/1.2300. Tetapi hati-hati dengan server-server yang diatur oleh Webmin (Apache, Sendmail, dll) mungkin tidak Y2K jika anda memakai versi lama.
7. Bagaimana menginstal modul baru?
Setelah mendownload module (yaitu file dengan ektensi.wbm ), masuk ke module Webmin Configuration module dan klik tombol Webmin Modules. Kemudian gunakan form bagian atas untuk install modul, modul bisa diambil dari file yang ada di server yang menjalankan Webmin, atau file dari computer client dimana anda mengaktifkan browser.
8. Dapatkah Webmin atau Usermin dijalankan di Apache?
Ya, dengan sedikit mengubah konfigurasi. Lihat dokumen ini untuk keterangan detail mengenai menjalankan Webmin di Apache, atau or halaman ini untuk detailnya Usermin.
Bisa juga menjalankan Webmin di bawah web server Zeus dengan cara yang sama. Penjelasannya ada di dokumen ini .
9. Mengapa muncul “ERROR: Perl crypt function does not work under Slackware” (Fungsi crypt Perl tidak jalan di Slackware)?
Pada beberapa system Slackware, fungsi Perl crypt() tidak jalan karena paket descrypt.tgz belum di-install. Untuk mengatasinya, instal paket ini dari CD Slackware CD atau FTP nya.
10. Bagaimana instalasi Perl pada system yang secara standard tidak memilikinya?
Download dan compile program Perl yang terbaru dari http://www.cpan.org/src/stable.tar.gz. Jika anda pakai Solaris atau HPUX bisa download paket yang sudah disediakan sehingga tidak perlu compile Perl sendiri.
11. Bagaimana logout dari Webmin?
Secara default, Webmin memakai autentifikasi HTTP yang kurang baik dalam hal logout. Untuk pindah ke mode autentifikasi berbasis cookie, masuk ke modul Webmin Configuration., klik ikon Authentication dan aktifkan Enable session authentication. Sekarang jika anda sudah masuk ke Webmin, setiap halaman akan memunculkan link Logout di bagian kanan-atas.
12. Bagaimana mencatat aktivitas Webmin dan file-file yang berubah?
Secara default, log Webmin yang sederhana sudah aktif. Untuk mengaktifkan log yang lengkap, masuk ke modul Webmin Configuration, klik ikon Logging dan aktifkan pilihan Log changes made to files by each action. Hal ini akan mencatat semua perubahan file dan perintah yang dijalankan Webmin. Setelah log diaktifkan, semua aktivitas yang terjadi bisa dilihat di modul Webmin Actions Log.
13. Saat download file Webmin dalam bentuk .tar.gz, mengapa file yang saya dapat adalah file .tar? Atau mengapa ukuran file lebih besar daripada ukuran yang dicantumkan di halaman download?
Hal ini disebabkan karena Browser anda langsung mengekstrak (gunzipped) file tersebut. Cukup ganti nama file tersebut menjadi webmin-1.130.tar (jika belum ada) dan tidak perlu lakukan gunzip pada waktu install.
14. Browser saya menampilkan komplain sertifikat Webmin jika menggunakan mode SSL
Hal ini terjadi karena sertifikat SLL dari Webmin anda tidak dikeluarkan oleh badan sertifikasi resmi. Dari sudut pandang keamanan, hal ini berarti sertifikat tersebut kurang aman karena penyerang (attacker) secara teori bisa membelokkan trafik dari server anda ke mesin lain tanpa anda ketahui, dimana secara normal tidak mungkin jika menggunakan sertifikat SSL resmi. Meskipun demikian, trafik jaringan tetap terenkripsi, sehingga aman dari penyerang yang hanya mengamati (listening) pada koneksi jaringan anda.
Jika anda ingin menyakinkan bahwa server Webmin yang sedang anda hubungi adalah benar-benar server yang anda miliki (bukan server lain yang dibelokkan oleh attacker), maka solusinya adalah memesan sertifikat dari badan sertifikasi resmi seperti Verisign, yang sesuai dengan hostname server anda sehingga dikenali oleh browser. Sertifikat tersebut harus diletakkan di file /etc/webmin/miniserv.pem dan dalam format certifcate+key yang sama dengan file miniserv.pem yang sudah ada.
Untuk meminta sertifikat, caranya sebagai berikut:
o Jalankan perintah openssl genrsa -out key.pem 1024. Perintah ini akan membuat file key.pem sebagai private key anda.
o Jalankan perintah openssl req -new -key key.pem -out req.pem. Saat ditanyakan nama biasa (common name), pastikan anda memasukkan hostname lengkap dari server seperti yang digunakan di URL, contohnya www.yourserver.com. Hal ini akan membuat file req.pem, sebagai certificate signing request (CSR)
o Kirim file CSR kepada badan sertifikasi, cara pengiriman sesuai dengan yang mereka tetapkan. Setelah itu mereka akan mengirimkan file yang dimulai dengan -----BEGIN CERTIFICATE----- yang dapat diletakkan di file cert.pem.
o Gabungkan private key dan sertifikat tersebut, dengan perintah: cat key.pem cert.pem >/etc/webmin/miniserv.pem.
o Re-start webmin (pastikan webmin dalam mode SSL) untuk menggunakan key yang baru tersebut.
15. Pada modul “Users and Groups”, bagaimana bisa script pada Command dijalankan setelah melakukan perubahan mengetahui user apa saja yang baru ditambahkan?
Variable environment berikut ini ditetapkan oleh Webmin sebelum script dijalankan:
o $USERADMIN_ACTION – Bisa diset menjadi CREATE_USER, MODIFY_USER, DELETE_USER, CREATE_GROUP, MODIFY_GROUP atau DELETE_GROUP tergantung apa yang baru saja dikerjakan.
o $USERADMIN_USER – Nama user Unix yang baru saja dibuat, dimodifikasi, atau dihapus.
o $USERADMIN_UID - UID dari user Unix.
o $USERADMIN_REAL - Real name dari user Unix.
o $USERADMIN_SHELL - Shell dari user Unix.
o $USERADMIN_HOME - Home directory user Unix.
o $USERADMIN_PASS - Plain-text password dari user Unix, jika tidak ada yang diketik oleh admin.
o $USERADMIN_GROUP – Nama group Unix yang baru saja dibuat, dimodifikasi, atau dihapus.
16. Saat install Webmin dari paket RPM, muncul error message Unable to identify operating system
Hal ini terjadi jika Webmin tidak bisa mengidentifikasi OS dari file /etc/issue, mungkin karena isi defaultnya berubah. Solusi terbaiknya adalah install Webmin dari .tar.gz, dimana secara manual akan ditanyakan nama OS dan versinya.
17. Bagaimana membuat user Webmin yang hanya bisa mengkonfigurasi sebuah virtual server Apache atau DNS domain?
Pada modul Webmin Servers, buat user baru dan beri akses hanya pada modul Apache Webserver. Setelah simpan, di Apache Webserver klik nama user di daftar user Webmin dan gunakan form yang muncul untuk memasukkan semua akses kedua pada sebuah virtual server yang dipole.
Banyak modul lain yang bisa disetting dengan cara di atas untuk membatasi akses user ke domain DNS, user Unix atau alias email tertentu.
18. Adakah Webmin versi Windows?
Belum ada, tetapi tampaknya sedang dibuat disini: Webmin for Windows . Ini proyek yang sulit, karena perbedaan yang besar dalam penyimpanan informasi sistem di Windows dan Unix. Webmin dibuat berhubungan dengan system file text Unix seperti /etc/passwd dan /etc/inet.conf yang tidak ada persamaannya di Windows, pada Windows semuanya disimpan di registry.
19. Bagaimana mengubah daftar “IP address yang diperbolehkan Webmin” dari shell?
File yang perlu diubah adalah /etc/webmin/miniserv.conf, yaitu pada baris allow= atau deny=. Baris allow=, berisi daftar addresses dan networks yang boleh koneksi ke Webmin. Demikian juga, baris deny= berisi daftar addresses dan networks yang tidak boleh koneksi ke Webmin. Setelah ubah file ini, jalankan /etc/webmin/stop ; /etc/webmin/start agar perubahan terjadi. Biasanya, file /etc/webmin/miniserv.conf ini hanya bisa diubah oleh user root.
20. Setelah login ke Webmin, ada pesan “You do not have access to any Webmin modules”
Saya tidak tahu persis bagaimana error ini bisa terjadi, tetapi jika itu terjadi maka ikuti cara berikut ini untuk perbaikannya:
o Login ke server dengan telnet atau langsung di console sebagai user root.
o Edit file /etc/webmin/webmin.acl dan pastikan ada baris yang dimulai dengan root: atau admin: (tergantung mana yang anda gunakan untuk login ke Webmin) seperti ini :
admin: acl
o Login ke Webmin lagi, masuk ke modul Webmin Users, yang merupakan satu-satunya modul yang diakses.
o Klik pada username anda di list, berikan hak pada username anda sendiri untuk mengakses semua module dan klik Save.
21. Dapatkan Webmin dijalankan dari inetd?
Ya, dengan sedikit perubahan pada file konfigurasi. Caranya sebagai berikut:
o Stop webmin dengan perintah /etc/webmin/stop
o Tambahkan baris inetd=1 pada file /etc/webmin/miniserv.conf
o Hapus baris session=1 dari file /etc/webmin/miniserv.conf
o Edit file /etc/services dan tambahkan baris ini :
webmin 10000/tcp
o Edit file /etc/inetd.conf dan tambahkan baris ini:
webmin stream tcp nowait root /usr/libexec/webmin/miniserv.pl miniserv.pl /etc/webmin/miniserv.conf
Jika anda install Webmin pada lokasi yang lain (bukan di /usr/libexec/webmin), maka edit juga bagian path /usr/libexec/webmin di atas
o Restart inetd agar perubahan terjadi. Sekarang anda bisa akses webmin pada port 10000.
o Gunakan modul “Bootup and Shutdown”, pastikan inetd diaktifkan saat boot, dan webmin tidak diaktfikan.
Jika anda memakai xinetd bukannya inetd, ikuti cara berikut ini:
o Stop webmin dengan perintah /etc/webmin/stop
o Tambahkan baris inetd=1 pada file /etc/webmin/miniserv.conf
o Hapus baris session=1 dari file /etc/webmin/miniserv.conf
o Edit /etc/xinetd.conf dan tambahkan baris-baris ini :
service webmin
{
user = root
env = LANG=
port = 10000
socket_type = stream
protocol = tcp
wait = no
disable = no
type = UNLISTED
server = /usr/libexec/webmin/miniserv.pl
server_args = /etc/webmin/miniserv.conf
}
Jika anda install Webmin pada lokasi yang lain, edit juga path /usr/libexec/webmin di atas
o Restart xinetd agar perubahan terjadi. Sekarang anda bisa akses Webmin di port 10000.
o Gunakan modul “Bootup and Shutdown” untuk memastikan xinetd aktif saat boot sedang webmin tidak aktif.
Untuk menjalankan Usermin dari inetd or xinetd, caranya sama dengan di atas hanya ganti /etc/webmin dengan /etc/usermin dan ganti port ke 20000.
22. Bagaimana agar user Webmin menggunakan password yang sama dengan password yang ada di Unix?
Caranya sebagai berikut:
o Pada modul “Perl Modules” dari Webmin, install Authen::PAM dari CPAN.
o Pada modul PAM Authentication, tambahkan service PAM baru yang dinamakan webmin yang memakai autentifikasi Unix.
o Pada modul Webmin Users, klik pada user user yang akan disinkronkan dengan Unix dan set pilihan Password menjadi Unix Authentication.
Jika PAM tidak dipakai pada sistem operasi anda, dua langkah pertama di atas dapat diabaikan. Webmin akan membaca langsung file /etc/passwd atau /etc/shadow mengautentifikasi user yang memakai password mode Unix Authentication.
23. Bagaimana uninstall Webmin?
Cukup jalankan perintah /etc/webmin/uninstall.sh
Jika anda menginstall Webmin dari RPM, gunakan rpm -e webmin, atau jika pakai paket Solaris gunakan perintah pkgrm WSwebmin
24. Bagaimana mengijinkan user Unix login ke Webmin?
Ikuti langkah berikut ini:
o Pada modul Perl Modules dari Webmin, install Authen::PAM dari CPAN.
o Pada modul PAM Authentication, tambahkan service PAM baru yang dinamakan webmin yang memakai autentifikasi Unix.
o Pada modul Webmin Users, buat user baru misalnya unixer, dengan akses ke modul yang diinginkan.
o Pada modul yang akan diakses oleh unixer ubah pengaturan akses modul untuk memberikan hak hanya kepada account mereka. Contoh, pada modul Change Passwords anda harus pilih Only this user untuk Users whose passwords can be changed sehingga user Unix yang login hanya bisa mengubah password mereka saja.
o Klik pada Configure Unix user authentication di bawah daftar user Webmin dan pilih Allow any Unix user to login with permissions of user unixer.
o Semua user Unix sekarang bisa login ke Webmin.
Sekali lagi, jika sistem anda tidak memakai PAM maka dua langkah pertama di atas bisa diabaikan, dan Webmin akan membaca langsung /etc/passwd atau /etc/shadow untuk autentifikasi user.
Alternatif lain untuk melakukan hal ini adalah menginstall Usermin, yang mengijinkan semua user Unix untuk login dan akses hanya pada setting milik mereka, Usermin memakai interface yang mirip dengan Webmin.
25. Bagaimana saya mendownload file di File Manager?
Umumnya jika anda double klik sebuah file pada daftar yang ada di sebelah kanan, akan muncul browser window baru. Sedangkan jika anda tekan tombol shift sambil double klik, maka browser akan menanyakan apakah file akan disimpan.
Pada Webmin versi 0.966 dan di atasnya, anda dapat juga download file dengan memilih file tersebut dan klik tombol Save di bagian kiri-atas file manager.
26. Bagaimana upgrade untuk paket Webmin versi Solaris?
Karena paket versi Solaris tidak mendukung upgrade ke versi berikutnya, maka perintah berikut harus dijalankan:
/etc/webmin/stop
cp -r /etc/webmin /etc/webmin.old
pkgrm WSwebmin
mv /etc/webmin.old /etc/webmin
gunzip webmin-1.130.pkg.gz
pkgadd -d webmin-1.130.pkg WSwebmin
27. Mengapa saya mendapatkan pesan error seperti Can't lookup hostname at miniserv.pl line 169 ketika menjalankan atau install Webmin?
Ini bisa terjadi jika hostname dari sistem anda (nama host bisa ditampilkan dengan perintah hostname) tidak mempunyai IP address di DNS atau di file /etc/hosts. Solusinya adalah update file /etc/hosts dengan IP address server and (atau isi 127.0.0.1 jika server tidak terhubung ke jaringan), atau edit file /etc/webmin/miniserv.conf dan hapus baris syslog=1. Sekarang anda dapat mengaktifkan Webmin dengan perintah /etc/webmin/start.
Upgrade ke Webmin versi 1.000 atau yang lebih baru juga dapat mengatasi problem ini.
28. Pada modul Usermin's Read Mail, bagaimana mengubah setting alamat “From” jika server saya melayani banyak domain virtual?
Secara standar, jika user membuat email baru (composed) maka bagian “From” akan berisi username@systemhostname. Hal ini bisa diubah dengan cara:
o Login ke server Webmin, dan masuk ke modul Usermin Configuration.
o Klik pada Usermin Module Configuration.
o Klik Read Mail.
o Pada bagian Default hostname for From: addresses, ketik domain atau hostname yang ingin ditampilkan setelah tanda @ pada bagian alamat From. (Contoh; jika ingin tampil username@testdom.com maka isi bagian ini dengan testdom.com)
o Jika ingin mencegah user mengubah alamat From (untuk mencegah pemalsuan alamat email), set pilihan Allow editing of From: address menjadi No.
o Jika anda punya banyak domain virtual dan ingin user yang berbeda memiliki domain yang berbeda pula pada bagian alamat “From, anda perlu isi bagian From: address mapping file dengan nama file yang memetakan alamat real email ke alamat email domain virtual. File ini harus berupa file text, dimana setiap baris berisi:
username fromaddress
Bagian username berisi username yang dipakai untuk login Usermin, dan bagian fromaddress berisi alamat From yang ingin diberikan pada user tersebut. Bagian username dapat juga berupa alamat email lengkap, misalnya joe@yourserver.com.
29. Mengapa modul File Manager tidak jalan di MacOS X?
Untuk alasan yang tidak diketahui, Java applets pada OSX tidak melewatkan informasi cookie dari browser. Karena Webmin secara default memakai cookie untuk autentifikasi, maka ini mencegah applet File Manager berjalan dengan baik. Solusinya adalah:
o Masuk ke modul Webmin Configuration.
o Klik ikon Authentication.
o Pilih Disable session authentication, dan klik Save.
o Logout dari Webmin, tutup browser, jalankan browser kembali dan login lagi.
Problem ini sudah diperbaiki di Webmin versi 1.100.
30. Saat melakukan upgrade dari versi 1.050 langsung dari Webmin, saya mendapatkan error RPM signature verification failed
Hal ini terjadi karena Red Hat 8.0 dan beberapa release Linux yang baru telah mengubah cara menyimpan RPM GnuPG signatures, sehingga Webmin yang memakai cara lama gagal untuk mengimport kunci ini. Solusinya adalah mematikan pilihan Check GnuPG signature pada form upgrade, atau bisa juga menambahkan public-key saya pada daftar key RPM dengan perintah:
rpm --import http://www.webmin.com/jcameron-key.asc
31. Pada modul Usermin's MySQL Database, bagaimana membatasi database yang bisa dilihat dan digunakan user?
Secara default module ini akan menampilkan semua database pada system anda di halaman utama, meskipun ada database yang tidak dipergunakan oleh user yang login tersebut. Untuk mengubahnya, ikuti langkah berikut:
o Login ke Webmin, dan masuk ke modul Usermin Configuration.
o Klik Usermin Module Configuration.
o Klik MySQL Database pada daftar.
o Pada bagian Database access control list, hapus baris *: * dan ketik satu baris untuk setiap user, berisi: username, tanda titik dua dan daftar database yang diperbolehkan. Contoh:
jcameron: database1
fred: database2 database3
joe: *
Tanda * di kolom database berarti semua database, sedangkan tanda * di bagian username berarti semua user yang belum terdaftar.
o Klik Save untuk mengaktifkan pembatasan tersebut.
32. Efek apa yang dilakukan Webmin pada file konfigurasi yang sudah ada sebelumnya?
Setelah selesai instalasi Webmin tidak ada file konfigurasi yang diubah. Jika anda menjalankan Webmin, maka hanya file yang berhubungan dengan perubahan yang anda lakukan di Webmin saja yang akan dimodifikasi. Contoh, jika menggunakan modul Apache Webserver maka tidak akan berakibat pada konfigurasi Sendmail anda.
33. Mengapa report pada modul Webalizer yang dihasilkan untuk log yang berbeda hasilnya sama?
Hal ini umumnya terjadi pada Red Hat Linux sehubungan dengan adanya bug (menurut pendapat saya) pada konfigurasi default Webalizer. Untuk memperbaikinya lakukan cara berikut:
• Edit file /etc/webalizer.conf
• Ubah baris HistoryName menjadi: HistoryName webalizer.hist
• Ubah baris IncrementalName menjadi IncrementalName webalizer.hist
• Lakukan perubahan yang sama dengan di atas pada semua file *.conf pada direktori /etc/webmin/webalizer
• Buat ulang semua report

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Street Art Copyright by ADINEVVA Blog.. | Template by ADINEVVA | Blog Trick at adinevva